Semangat Asian Para Games 2018 sudah berlangsung sejak tanggal 5 September 2018. Asian Para Games 2018 diawali dengan pembukaan Pawai Obor Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Grobogan, Solo. (5/9/2018)

Pawai Obor Asian Para Games 2018 terus berlangsung estafet dari kota yang satu ke kota yang lainnya. Kota-kota besar yang dilalui oleh Obor Asian Para Games 2018 diantaranya kota Grobogan, Solo, Ternate, Makassar, Denpasar, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan DKI Jakarta.

Tepat dihari yang sama dengan kedatangan Pawai Obor Asian Para Games 2018. Sabtu, (22/9/2018) Saya Annisa Linda Sartika dan Hotlas Mora, dikirim ke Medan oleh Founder Komunitas Sahabat Blogger Mak Sumiyati Sapriasih. Saya dan Hotlas diberi tugas untuk melakukan peliputan selama berlangsungnya Pawai Obor Asian Para Games 2018, mulai dari kedatangan obor sampai dengan selesai lalu berpindah estafet lagi ke Kota Pangkal Pinang.

Alasan baiknya, karena kami dikirim atas nama blogger, maka kami diminta untuk menulis hasil liputannya dalam bentuk tulisan yang menarik, semenarik mungkin agar terlihat apik dan epic, namun dalam bentuk sudut pandang yang berbeda.

Kami pun bertemu dengan banyak rekan media yang lainnya. Kami di sana berkenalan dengan teman-teman yang lainnya, sebagai media dari Komunitas Sahabat Blogger Jakarta. Tugas kami di Medan sebagai media partner Kemkominfo RI yang tergabung sebagai Media dalam acara Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Setibanya di Medan, Saya dan Hotlas, langsung bergabung dengan pihak media dari Kemkominfo RI dan beberapa rekan media yang lainnya, salah satunya ada juga yang dari Bandung dan beberapa rekan media lainnya yang ada di Medan. Seluruh akomodasi yang disediakan kami terima mulai dari tiket keberangkatan Jakarta — Kuala Namu Medan, penjemputan ketika tiba di bandara Kuala Namu, makan, fasilitas penginapan dan lain sebangsanya sampai dengan tiket kepulangan Kuala Namu Medan — Jakarta.

Obor Asian Para Games 2018 Tiba di Medan

Setelah melalui 6 kota besar, Obor Asian Games 2018 tiba di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Tepatnya di Kantor Gubernur Sumatera Utara. Pawai Obor Asian Para Games 2018 disambut tarian sekapur sirih khas adat melayu di halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara. Api Obor Asian Para Games 2018 dibawa oleh ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari kemudian disambut oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Sambutan Obor Asian Para Games 2018 dihadiri oleh sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Pada saat penyerahan Obor asian Games 2018 Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari sempat berkata, “Semua atlet paralympic se-Asia akan datang ke Indonesia selama berlangsungnya kegiatan Asian Para Games 2018 karena merupakan ajang kualifikasi atlet paralympic untuk bertanding dikejuaraan paralympic di Tokyo tahun 2020”.

Doa dan harapan ketua INAPGOC itu sendiri, “Dengan semangat yang menggelora para atlet paralympic kita Insha Allah akan tampil lebih maksimal dan lebih bersemangat lagi pada ajang pertandingan Asian Para Games 2018 karena itu telah terbukti pada pertandingan Asian Games 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia”.

Obor Asian Para Games kembali diarak Minggu pagi (23/9/2018) di Medan, Sumatera Utara. Setelah sebelumnya sempat singgah di kota Pontianak dan 5 kota besar yang lainnya. Rute pawai estafet Obor Asian Para Games 2018 dimulai dari halaman Kantor Walikota Medan, Sumatera Utara. Kemudian dilanjutkan menyusuri jalan sejauh 15 km melalui Lapangan Benteng Medan, Jalan Imam Bonjol, Jalan Zainul Arifin, Jalan Pangeran Diponegoro dan kembali lagi ke Lapangan Benteng Medan.

“Nyalakan semangat dukung Asian Para Games 2018,” adalah salah satu slogan sebagai bentuk dukungan Asian Para Games 2018 yang disuarakan oleh masyarakat. Klik Disini

Sumatera Utara menyumbang 17 atlet untuk Asian Para Games 2018 bahkan harapannya ke-17 atlet ini mampu menorehkan merah putih se-Asia sehingga menjadi atlet berprestasi di Asian Para Games 2018.

Pemerintah pusat siap bekerjasama dengan pihak pemerintah provonsi untuk memfasilitasi seluruh kebutuhan atlet paralympic di Indonesia. Bahkan pemerintah memiliki yang namanya SKO, Sekolah Keolahragaan seluruh atlet paralympic se-Indonesia, termasuk di Sumatera Utara. SKO sendiri diperuntukan bagi siswa yang mengalami disabilitas.

Sekjen INAPGOC Bayu Rahadian mengatakan, “terima kasih kepada Kemenpora RI, INAPGOC, Kemendikbud RI dan seluruh kementrian dan lembaga lainnya yang telah mendukung terselenggaranya acara ini”.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, meneriakkan satu semangat yang diikuti oleh seluruh yang terlibat dalam acara Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Lapangan Benteng, Medan.

“INAPGOC Inspiring, INAPGOC Spirit, INAPGOC Sukses!”

Semangat Asian Para Games 2018 di Kota Medan

Satu slogan istimewa, “Gelorakan semangat peduli disabilitas,” merupakan tanda selesai kegiatan pawai obor Asian Para Games 2018 di Medan. Gelora semangat itu belum selesai karena setelah itu masih ada penampilan seni dan budaya khas Sumatera.

Berbagai tarian melayu khas Sumatera dipertunjukkan dalam kesempatan ini. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pelestarian budaya lokal khususnya Pulau Sumatera. Jari lentik nan lihai menyilap perhatian semua penikmatnya. Semangat itu terus menyala dengan tarian flashmob yang diiringi dengan song of victory Asian Para Games 2018 di Lapangan Benteng Medan.

Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Medan juga dimeriahkan oleh musisi kenamaan Indonesia diantaranya ada Sammy Simorangkir dan Govinda. Kehadiran musisi ditengah-tengah semaraknya Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Medan membuat suasana semakin semarak oleh para pengunjung yang terus berdatangan.

Bahkan ada yang rela tidak meninggalkan tempat. Hanya sekedar makan saja rasanya tak rela berpindah lokasi apalagi meninggalkan tempat acara. Untung saja ada banyak booth-booth UKM yang turut hadir di lokasi yang sama. Para UKM tersebut menyediakan banyak makanan, jadi semakin betah di lokasi acara. Rasanya semakin tak ingin beranjak. Walaupun hari semakin terik bahkan sampai matahari redup terbenam.

Rasa lelah terbayarkan oleh gelora semangat Asian Para Games 2018 di Medan. Malamnya setelah pelaksanaan Pawai Obor Asian Para Games 2018 kami seperti benar-benar melepas lelah. Berlepas lelah dengan menikmati udara malam seperti malam-malam sebelumnya, namun dengan sedikit suasana yang berbeda di tempat yang menjadi rekomendasi untuk makan malam dan berbincang renyah mengevaluasi setiap pekerjaan yang telah diselesaikan.

Sebelum akhirnya Obor Asian Para Games 2018 berpindah tempat ke Pangkal Pinang bersama gelora semangatnya Asian Para Games 2018 hingga kembali ke jantungnya Indonesia, DKI Jakarta.

Saya bersama rekan-rekan media sedang makan malam bersama sambil mengevaluasi dan berbincang-bincang kegiatan yang telah dilaksanakan di siang harinya. Rasa syukur yang tiada henti-hentinya saya sampaikan kepada Tuhan karena setiap rencana-Nya tak pernah dipahami. Sebaik-baiknya rencana, hanyalah rencana Tuhan Yang Maha Sempurna.

Semoga kami selaku rekan-rekan media dalam Pawai Obor Asian Para Games 2018 mampu mendapatkan gelora semangat Asian Para Games 2018 dari semua teman-teman atlet paralympic Asian Para Games 2018.

Doa dan dukungan dari kami semoga mampu tersemogakan oleh Tuhan, sehingga doa dan harapan seluruh atlet paralympic, pemerintah, lembaga dan masyarakat yang turut serta mendoa dan mendukung kegiatan Asian Para Games 2018 mampu terwujud dengan sempurna. Sesempurna jiwa-jiwa tangguh para pahlawan negeri (dibaca:atlet paralympic Asian Para Games 2018) dari 42 Negara se-Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here