Komunitas Sahabat Blogger adalah sebuah Komunitas yang sangat menjunjung tinggi nilai sosial. KSB juga identik dengan lifestyle serta sosialita. Lifestyle itu menggambarkan hubungan komunikasi sedangkan Sosialita itu mengajarkan hubungan kebersamaan terhadap sesama.

Banyak acara-acara yang telah di ikuti oleh KSB. Dan yang paling mempesona buat saya adalah acara sosial. Acara yang bertemakan sosial itu merupakan pembelajaran untuk semua orang dan khususnya untuk saya pribadi.

Karena di acara sosial yang di ikuti oleh KSB tersebut, banyak ilmu pengetahuan yang sebetulnya itu bisa menyelamatkan ribuan nyawa yang ada di luar sana. Peduli dengan kesehatan diri sendiri. Seperti kita itu harus peduli terhadap penyakit TB.

Penyakit TB itu tidak boleh dianggap remeh. Karena penyakit TB bisa menular dan bisa membunuh orang-orang di sekitarnya terutama bisa membunuh penderitanya. TB itu sebetulnya adalah penyakit yang sudah lama ada, namun masih banyak dari masyarakat kita yang belum tahu gejalanya.

Gejala TB yang paling bisa di lihat oleh kasat mata dan bisa dirasakan itu “Batuk”. Jika si penderita itu batuk sudah lebih dari 2 minggu dan sudah masuk minggu ke-3, batuknya belum hilang juga atau semakin parah batuk tersebut, segera konsultasikan penyakit Anda ke dokter.

Karena dengan mengkonsultasikan batuk Anda ke dokter, Anda langsung bisa mengetahui penyakit yang Anda derita dan bisa langsung mendapat penangan khusus dari dokter. Jika batuk Anda sudah masuk minggu ke-3 dan batuk Anda mengeluarkan darah, itu tandanya Anda positif terkena TB.

Jadi Anda harus melakukan pemeriksaan diri Anda dengan ketat kepada dokter untuk dilakukan pembersihan darah terlebih dahulu agar darah bersih Anda tidak tercampur dengan darah kotor akibat penyakit TB.

Rajin lah untuk meminum obat yang di anjurkan oleh dokter selama 6-8 bulan ke depan. Agar penyakit TB yang Anda derita itu sembuh total.

Dan supaya kekebalan tubuh Anda meningkat. Usahakan jika Anda hendak keluar rumah, sebaiknya Anda menggunakam masker penutup mulut agar udara kotor tidak ikut masuk ke dalam tubuh Anda selama Anda dalam tahap penyembuhan dari TB.

Karena memang fungsi dari masker penutup mulut tersebut berfungsi untuk menjaga kelebalan tubuh Anda selama Anda dalam masa penyembuhan. Serta pada saat Anda batuk virus yang keluar dari mulut Anda tersebut itu tidak menyebar kepada orang-orang di sekitar Anda.

Usahan konsultasikan kembali kesehatan Anda kepada dikter Anda kurang lebih semunggu itu 3x. Agar dokter dapat menganalisa setiap perkembangan dari diri Anda. Jangan konsultasikan diri Anda setelah obat dari dokter itu habis, karena setelah obat itu habis belum tentu Anda pulih 100% dari penyakit TB.

Di KSB juga di ajarkan peduli akan kebersamaan dan peduli untuk berbagi. Pada acara Dompet Dhuafa (DD), saya banyak belajar tentang arti kehidupan. Banyak di luar sana yang hidupnya di sia-siakan.

Tetapi ada juga di sana yang menginginkan hidup seperti yang kita punyai saat ini atau sedang kita jalani saat ini. DD mengajarkan kita untuk peduli dan berbagi. Bukan karena kita itu lebih, tetapi karena berbagi itu indah dan karena kita semua punya hati nurani.

DD mengajarkan kita untuk melakukan donor darah. Karena banyak orang-orang yang membutuhkan darah akibat gempa dan taunami. DD juga mengajarkan untuk berinfak, karena banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita.

Itulah ilmu pengetahuan yang saya dapatkan di KSB. Ilmu pengetahuan tersebut membuka lebar mata dan hati nurani saya. Saya jadi sangat menyenangi hubungan sosial. Itu adalah kebanggaan buat saya pribadi karena berada di KSB. (RA)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here