Bagi seorang content creator, salah satu hal yang menyenangkan adalah saat mendapatkan kesempatan untuk menulis. Hal ini yang saya dapatkan di tahun 2018 bersama komunitas sahabat blogger. Bermula dari sebuah undangan mensupport  job untuk satu event di Bandung, saya pun bergabung untuk mensupport event tersebut dan paling akhir keluarg grup whatsApp. Keuntungan tidak keluarg dari grup ternyata berbuah manis. Pada tanggal 22 Agustus 2018, sebuah wa masuk dari grup yang penghuninya sudah tinggal beberapa orang. Wa tersebut berisi tawaran untuk menjadi content creator pada salah satu web. Saya yang sedang senang menulis, tanpa pikir panjang mengajukan diri untuk menjadi salah satu content creator. Bersama dengan Rahmi Aulia Hidayat, kami berdua terpilih dari 5 orang yang masih bergabung di grup. Alhamdulillah, betul ya, silaturahmi itu salah satu peluang untuk mendapatkan rizki.

Keesokan harinya, kami diundang masuk dalam grup content kreator IWITA. Disana sudah ada 7 orang penulis lainnya. Mulailah saya masuk dalam sebuah komunitas baru. Indonesia Women Information Technology Awareness (IWITA) adalah sebuah organisasi berbadan hukum untuk mencerdaskan perempuan melalui teknologi. Untuk berbagi informasi positif, IWITA memiliki sebuah web dengan alamat www.serempak.id Web inilah yang kemudian menjadi tempat bagi para penulis yang bergabung di komunitas sahabat blogger untuk dapat berbagi informasi.

8 orang penulis, yang terpilih adalah  Sumiyati Sapriasih (selaku founder KSB), Rahmi Aulia Hidayat, Nursobah, Rahmat Adi Rang Putih, Auda Zaschkya,Eka Murti, dan saya, Siti Nur Maftuhah. Senang sekali rasanya mendapatkan pengalaman ini. Kami kemudian diinformasikan tentang persyaratan mengikuti project. Diantaranya adalah : sanggup menyetorkan 10 tulisan dalam 2 bulan, dengan 5 kategori yang berbeda. Kategori yang disediakan adalah sebagai berikut :  1. Wisata, budaya dan kuliner, 2. Hukum dan kebijakan, 3. Kesehatan dan kecantikan, 4. Layanan umum, 5. Ibu dan anak, 6. Karier dan pengembangan usaha, 7. Iptek

Artikel yang diajukan harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, sebagai berikut : a. Menggunakan Judul dan Bahasa Indonesia serta kaedah penulisan yang berlaku. b. Artikel harus orisinil, faktual, menarik, kreatif, inovatif, mudah dipahami, dan belum pernah dipublikasikan. c. Artikel minimal 500 kata dalam bentuk word document, disertai foto atau video (maksimal 3 menit). d. Tidak mengandung unsur pornografi dan menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan). e. Mengisi data diri pada form yang telah disediakan.

Setelah memenuhi semua persyaratan, mulailah kami menulis. Tentunya saya menulis sesuai kategori yang saya kuasai dan pahami, supaya hasilnya maksimal. Berikut 6 tulisan saya yang sudah tayang di web serempak.id

  1. https://serempak.id/tujuh-aspek-penting-untuk-memulai-usaha-skala-rumahan/
  2. https://serempak.id/bunda-perhatikan-pangan-jajanan-anak-kita/
  3. https://serempak.id/tips-mengajak-anak-gemar-makan-sayur/
  4. https://serempak.id/tips-membuat-yoghurt-sendiri-di-rumah/
  5. https://serempak.id/sudahkah-mengenal-revolusi-industri-4-/

6. https://serempak.id/lezatnya-sate-maranggi-khas-purwakarta-yang-menjadi-warisan-budaya/

Hal yang menyenangkan adalah saat tulisan kita dapat menjadi sumber inspirasi bagi pembaca. Mengapa saya tertarik mengikuti project ini, selain dari sisi benefit ekonomi, juga web serempak.id sudah mendapat pembaca yang cukup besar. Sehingga content yang kita bagikan akan dibaca oleh banyak orang. Menulis untuk web serempak.id tidaklah sembarangan, karena kami selain menulis juga harus membaca, artinya informasi yang disampaikan haruslah yang benar, tepat, akurat, dan bukan hoaks tentunya. Sejalan dengan  visi dari IWITA, yaitu Terwujudnya perempuan Indonesia tanggap Teknologi Informasi melalui advancement, learning, implementation dan socialization, sehingga perempuan dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan membentuk generasi bangsa yang berakhlak mulia dan berprestasi.

Terima kasih untuk IWITA dan Komunitas Sahabat Blogger, sudah memberi kesempatan untuk bisa berbagi melalui tulisan. Semoga semakin sukses, dan bisa mengajak saya di project berikutnya. Mau tahu empat tulisan saya lainnya yang belum tayang, rajin berkunjung ke serempak.id ya. Banyak informasi cergas, bukan hanya tulisan tetapi juga event gathering di berbagai kota di Indonesia .(SNF)

 

Sumber : Siti Nur Maftuhah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here