Libur telah tiba, Aku bersama para bunda berkunjung ke Lotte Shopping Avenue Moment Hari Ibu Bersama Rumah Sakit Mayapada melepas kepenatan yang mana tugas seorang ibu tidak ada habisnya. Oleh karena itu kami Jalan-jalan ke Lotte Shopping Avenue Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.3-5 Jakarta Selatan. Kebetulan di tanggal 22 Desember 2018 kami para bunda diundang untuk menghadiri acara Cerita Bunda, yang mana acara ini di selenggarakan oleh Asifit, dengan narasumber Dr. Ameetha Drupadi, CMI. Dr. Arti Indira, Mgizi, SpGK. Wah … seneng banget sudah bisa jalan-jalan dapat ilmu pula. Kalau peribahasa bila “sambil menyelam minum air”

Tanggung jawab seorang ibu dalam mendidik anak merupakan pekerjaan yang luar biasa, mulai dari mengandung hingga melahirkan ibu selalu menjaga kondisi dengan baik. Setelah melahirkan, ibu juga harus memberikan ASI untuk sang buah hati. Inilah sosialisasi Dr. Ameeta Drupadi, CIMI selaku Breastfeeding Counsellor memberi ilmu dalam menyusui ASI yang baik :

  1. Pertama yang kita lakukan menggendong bayi tanpa pedong agar bayi leluasa bergerak, usahakan tangan bayi kebelakang dengan memegang punggung ibunya
  2. letakkan hidung bayi tepat di puting payudara ibu, peluk dengan penuh kasih sayang.
  3. itulah gunanya memberikan ASI agar ikatan tali orang tua dan anak lebih dekat

Air Susu Ibu merupakan makanan tebaik bagi bayi untuk daya tahan tubuh, karena ASI pertama mengandung colostrum warnanya kekuningan dan kental yaitu susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi. Komposisi Ais Susu Ibu sangat sempurna untuk masa tumbuh kembang dan kebutuhan bayi.

 

Berikan ASI bayi 0-6 bulan, setelah 6 bulan berikan MPASI yang penuh gizi seperti yang dipaparkan oleh Dr. Arti Indira, MGizi, SpGK yaitu : ibu menyusui biasanya tidak perlu melakukan perubahan jadwal makan ketika sedang menyusui. Namun hal yang penting, makanan ibu menyusui harus mampu memberikan nutrisi yang cukup, baik untuk ibu sendiri maupun untuk bayinya.

Saat menyusui, ibu membutuhkan tambahan kalori karena harus memproduksi ASI untuk bayi. Jangan khawatir mengenai berat badan ibu, karena pemberian ASI Eksklusif sebenarnya dapat membantu berat badan ibu semula. Kemudian para bunda di tantang dalam senam YOGA. Kebetulan tantangan YOGA hanya untuk 10 orang bunda.

Senam YOGA yang baik, harus atur pernafasan ketika yoga, gerakan harus lentur mengikuti irama denyut jantung dan tangan tegak lurus. Alhamdulillah inilah pemenang tantangan Yoga yaitu juara 1 bunda fara Dilla, juara ke 2 Bunda Sumiyati Sapriasih dan juara ke 3 Bunda Selvie Juanti’

Diakhir acara seorang nona cantik dari detikcom menghampiri aku untuk wawancara moment Hari ibu, apa yang diharapkan oleh para ibu dari anak. yuk dilihat video ini :

Bahagia-nya di hari ibu bisa jalan-jalan ke Lotte Shopping Avenue yang merupakan salah satu Mall di Jakarta yang menjadi pusat belanja (shopping Center) dan pusat kuliner. Ayo ke Lotte Shopping Avenue nikmati sensasi belanja.

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Wn No. 089616613396

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here