Sejak kecil passion saya adalah menulis. Kesukaan menulis berawal dari hobi membaca aneka buku petualangan karya penulis asal Inggris, Enyd Blyton. Saat itu saya begitu terpesona dengan caranya mendeskripsikan lingkungan, tradisi dan karakter anak-anak Inggris yang berjiwa petualang. Pengaruhnya sungguh besar hingga membuat saya ingin menciptakan kisah petualangan sendiri. Bisa dibilang itulah awal mula saya menulis dan mencintai dunia tulis-menulis.

Selama bertahun-tahun tulisan saya hanya untuk konsumsi pribadi dan lingkup terbatas saja. Hingga pada tahun 2016 lalu saya mulai menulis di blog, baik blog pribadi maupun media sosial berplatform blog. Melalui media sosial, saya bertemu dengan teman-teman penulis maupun blogger yang menulis karena hobi dan passion. Dari satu komunitas bertambah menjadi semakin banyak komunitas yang saya ikuti hingga saat ini. Passion saya terhadap dunia tulis menulis menemukan wadah yang tepat setelah bergabung dalam komunitas. Selama kurun waktu dua tahun ini saya telah terlibat dalam penulisan dan penerbitan beberapa buku antologi. Blog pribadi saya yang awalnya menggunakan blog gratisan pun telah berubah menjadi https://www.jagatmaheswari.com yang memungkinkan saya memaksimalkan potensi menulis.

Meski cukup sulit menulis non fiksi, karena saya cenderung suka berkhayal dan menulis fiksi, namun pengaruh lingkungan sangat terasa dalam mengembangkan kemampuan menulis saya. Bukan hanya soal teknik menulis saja, namun berbagai hal saya pelajari.

Jika berpikir penulis adalah orang introvert yang sulit bergaul atau sulit mengungkapkan ide secara verbal, sepertinya hal itu terpatahkan saat saya bertemu dengan penulis-penulis dari berbagai latar belakang yang sama sekali tidak kesulitan dalam berkomunikasi langsung dan bersosialisasi.

Berkomunitas merupakan satu jalan mengembangkan kemampuan menulis, dengan mengikuti acara sharing session, kita bisa menyimak dan belajar dari pengalaman orang lain. Berbagai hal dibahas dari cara menulis, cara optimasi blog, hingga cara membuat dan menerbitkan buku. Dalam setiap acara selalu ada ilmu yang berbeda, bertemu teman baru maupun teman lama serta memperluas jejaring. Ini penting, mengingat sebagai blogger pemula seperti saya membutuhkan dukungan dari orang-orang yang juga memiliki passion yang sama.

Bergabung dalam komunitas bukan hanya berkumpul tanpa arah. Hal positif yang saya rasakan adalah mendapat berbagai tawaran seperti content placement, content writer dan ghost writer. Salah satunya melalui Komunitas Sahabat Blogger (KSB), dimana saya mendapat kesempatan menjadi kontributor untuk beberapa situs.

Menulis bukan hanya perkara menuangkan kata-kata belaka, namun harus ada esensi yang dapat menginspirasi bagi pembacanya. Itu merupakan hal penting dan cukup berat yang masih terus saya pelajari.

Menulis bagi saya saat ini adalah hobi yang menghasilkan dan menyenangkan. Seperti kata Dale Carnegie bahwa orang yang tidak mencintai dan bersenang-senang dengan apa yang dilakukannya jarang sekali menjadi sukses.

Saya tahu masih banyak hal yang harus saya pelajari, dan saya akan terus menulis dan berkomunitas. Karena keduanya sekarang adalah bagian dari hidup saya. Selama dua tahun ini saya bersenang-senang dengan menulis di blog maupun menjadi content writer, dan tentu saja bersenang-senang dalam berkomunitas. Karena menulis dan berkomunitas adalah salah satu “Me Time” , ketika saya bisa menggunakan waktu pribadi untuk “bersenang-senang” . Jika menganggap menulis hanya sebagai pekerjaan maka hasilnya seringkali hanya sebatas kata-kata yang tersusun sistematis dan sesuai kaidah penulisan, tulisan akan kehilangan ruhnya. Lama-lama akan terjadi kejenuhan dan kebosanan. Lalu menulis menjadi tidak lagi menyenangkan.

Apakah saya sudah sukses karena bersenang-senang dalam menulis? Yups, pencapaian pada tahap ini sudah memuaskan. Tapi tentu saja masih banyak tahap lain yang harus dilewati. Tahun depan tentu lebih banyak program dan rencana untuk direalisasikan. Step by step, selangkah demi selangkah.

Jadi, kejar dan jalani passion-mu karena yang berasal dari hati, dikerjakan sepenuh hati maka hasilnya akan maksimal. Dan, tentu saja jangan lupa bersenang-senang dengan apa yang kita lakukan ya, supaya bahagia dan sukses tentunya.

Salam

Eka Murti

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here