Jika pergi ke Jogjakarta tempat wisata apa yang pertama kali dikunjungi, jawabannya pasti Candi Borobudur, walaupun candi Borobudur terletak di kota magelang bukan di Jogjakarta, tapi candi ini membuat orang yang melihatnya berdecak kagum karena keanggunan dan kekokohannya berdiri ditanah jawa.

Sejarah Singkat Candi Borubudur adalah candi Budha terbesar di dunia,yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.Lokasi candi kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi Borobudur didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi (masa pemerintahan wangsa Syailendra)
Luas dasar 123×123 meter, tinggi kini 35 meter, tinggi asli 42 meter (termasuk chattra)

Ini pertama kali saya pergi ke Jogjakarta bersama dua keluarga, kami ke Jogjakarta menggunakan bus pariwisata, sampai di Jogjakarta malam hari, kami langsung istirahat di hotel yang sudah dipesan sebelum keberangkatan ke Jogjakarta.
Jika kamu ingin memesan hotel langsung download aplikasi travel seperti pegi pegi.com, kemudian lakukan pemesanan, caranya cukup mudah, pertama, kamu bisa memilih hotel yang sesuai dengan kantongmu dan bahkan banyak promo ditawarkan agar bisa menghemat biaya wisata keluarga, jika sudah melakukan pemesanan tinggal pilih cara pembayaran dan langsung lakukan pembayaran, sangat mudah dan menghemat waktu serta biaya.

Pagi hari setelah sarapan di hotel, kami langsung menuju candi Borobudur.Kami membeli tiket masuk Rp.cuaca hari ini cukup terik, saat masuk komplek candi kami disambut oleh para pedagang souvenir yang menjajakan barang dagangannya, kami harus berjalan kaki beberapa meter untuk sampai ke candi Borobudur.Saat sampai, dan melihat candi Borobudur lebih dekat, saya langsung mengucapkan “SubhanaAllah besar sekali, cantik dan megah sekali candi ini, candi ini memang sangat pantas menjadi situs warisan dunia, kita sebagai warga negara Indonesia pasti bangga memilikinya dan kita wajib menjaga, merawat situs ini dengan mematuhi peraturan yang sudah ada dan tidak membuang sampah sembarangan.

Untuk menuju ke tingkat paling atas candi butuh perjuangan ya, karena harus menaiki banyak tangga jadi sebaiknya saat kesini gunakan sepatu kets atau sepatu lari agar lebih nyaman dan juga pakaian yang sopan.
Saat sampai diatas, menurut mitos jika kita memegang patung didalam stupa paling atas maka akan dimudahkan jodohnya, saya sempat menyentuhnya sedikit.
Setelah mengelilingi seluruh bagian candi, saya putuskan untuk turun, karena hari ini pengunjung cukup banyak jadi agak sulit untuk mengambil foto.
Saya putuskan jika menginjakan kaki di Jogjakarta, saya pasti akan kembali ke candi Borobudur.

Selamat berlibur Traveler
Nursobah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here