Siapa sih yang tidak kenal dengan tokoh animasi Edukatif Zuzhu dan Zazha ? pasti kalian semua sudah mengenalnya bukan …  Tokoh animasi menjadi sangat menarik dengan alur scenario, efek visual dan auditori, tampilan karakter yang menarik dan mengasyikan. Tokoh animasi juga dapat menjadi rolemodel bagi anak, karena ada perubahan perilaku setelah menonton. Didalam tokoh animasi ini bebas dari unsur pornografi, bebas agresivitas yang berlebihan, terdapat nilai-nilai baik yang tertanam pada karakter tersebut seperti kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria dan inovatif.

Bicara soal tokoh animasi, kebetulan tanggal 29 September 2019 aku hadir di Taman mini indonesia indah theater garuda – Jakarta. PT. Frisian Flag Indonesia adalah perusahaan susu terdepan di Indonesia yang menyediakan produk bernutrisi untuk anak-anak dan keluarga dengan merek Frisian Flag, Friso, Susu Bendera dan Omela. Frisian Flag memperkenalkan karakter animasi edukatif zuzhu dan zazha, karena Frisian flag terinspirasi dari tetesan susu yang memiliki banyak manfaat kebaikan. Karakter zuzhu dan zazha akan hadir dikemasan baru susu cair Frisian flag dalam ukuran 115 ml dan 180 ml dengan rasa cokelat dan rasa stroberi, dimana 2 rasa tersebut paling disukai anak-anak.

Menurut bapak Putu Andani, M.Psi selaku psikolog memaparkan bahwa pemanfaatan animasi sebagai medium dalam membantu pembentukan karakter anak, salah satunya konten positif yang terdapat dalam buku cerita dan tayangan di televisi menjadi salah satu media untuk mengajarkan dan menanamkan perilaku dengan cara menyenangkan. Namun, sebagai orang tua harus mendampingi ketika anak sedang membaca ataupun mengkonsumsi karakter animasi kesukaannya di layar televisi :

  1. Pantau durasi layar, usia 5 tahun boleh lebih dari 1 jam asalkan tidak mengganggu aktivitas harian anak.
  2. Dampingi anak dan pahami alur cerita dan sifat-sifat karakter sebagai pengawasan dan bahan diskusi dengan anak.
  3. Interaksi dan komunikasi, berikan pendapat yang anak suka dan anak tidak suka.

Saat ini jaman era digital, ketika anak memasuki masa middle childhood atau kurang lebih usia 6-12 tahun faktor yang memperngaruhi pembentukan karakter anak semakin kuat, bukan hanya orang tua, teman, guru, namun konten atau hiburan yang dikonsumsi juga sangat mempengari karakter anak. Karena pada kenyataannya anak-anak menghabiskan rata-rata 2-3 jam per hari untuk menonton konten digital baik televisi maupun di website internet lainnya.

Di acara launch of zuzhu dan zazha, Frisian Flag Indonesia bersama Alfamart menggelar aktivitas menggambar dan mewarnai karakter zuzhu dan zazha yang melibatkan lebih dari 7.000 anak di 7 kota di Jakarta, Bekasi, Purwakarta, Semarang, Malang, Lampung dan Tangerang Selatan. Selain itu Frisian flag membantu orang tua dalam menghadirkan pilihan asupan dan jajanan yang aman serta sehat bagi anak-anak, dengan menghadirkan susu cair Frisian flag yang sudah ada di gerai Alfamart lebih dari 13.000. Sebagai senior marketing manager Alfamart, ibu Rani Wijaya berharap dengan adanya kolaborasi antara Alfamart dan Frisian Flag Indonesia dapat membantu meningkatkan gairah dan semangat hidup sehat bagi anak-anak

Sebagai penutup Animator Indonesia, bapak Bambang Gunawan Santoso berbagi pengalaman tentang bagaimana karakter animasi yang dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak. Bila dilihat dari segi visual, perpaduan warna-warna cerah pada konten animasi dan pemilihan alur cerita merupakan kendaraan utama dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak.

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Wa No. 085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

20 KOMENTAR

  1. Duo karakter yang lucu menambah semakin disukainya produk Frisian Flag oleh anak-anak. Jadi selain sehat, anak-anak pun memiliki tokoh animasi yang membantu mereka makin cerdas tentunya.

    • pastinya dong kakak, karena susu frisian flag sudah lama ada di alfaramt, jadi seluruh anak indonesia lebih mudah mencari susu frisian flag

    • imaninasi dan kreatif team frisian flag, dia tahu cara pendekatan pada anak untuk meningkatkan gizi anak indonesia dengan melalui karakter zuzhu dan zazha untuk anak lebih mencintai susu cair frisian flag

    • team kreatif frisian flag memang sangat cerdas, dia tahu karakter zuzhu dan zazha kesukannya, sehingga semangat untuk minum susu cair Frisian Flag

    • selain itu team frisian flag sangat cerdas memilih karakter zuzhu dan zazha untuk kemasan susu cair frisian flag sehingga anak-anak lebih gemar minum susu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here