Komunitas Sahabat Blogger

Menemukan Potensi Diri Berkat KSB

30 77

Shanty febrianti

Awal pertama kali mengenal komunitas sahabat blogger melalui event car free day yang di sponsori oleh big cola.

Aku makin tambah penasaran dengan komunitas sahabat blogger sehingga akupun bertanya sama kakak yang menghadiri acara saat itu untuk mengenal lebih jauh lagi tentang komunitas sahabat blogger.

Setelah mendengarkan penjelasan dari kakak, aku pun jadi tertarik dan termotivasi untuk gabung di komunitas sahabat blogger.

Melalui  perantara kakaklah aku bisa gabung whatsapp group komunitas sahabat blogger.

di WAG banyak influencer dan blogger kawakan sehingga aku bisa lebih banyak menggali ilmu dunia blogger dan influencer.

Dari pertemuan di car free day itulah, aku melihat sosok seorang Ibu Sumiyati yang ramah meskipun kami sebelumnya belum mengenal sama sekali akan tetapi kita terlihat akrab.

Sosok ibu Sumiyati juga tidak membandingkan antara blogger lama ataupun blogger baru sehingga tidak ada jarak pemisah diantara kami.

Ibu sumiyati memberikan kesempatan untuk blogger baru seperti aku untuk mengikuti kegiatan baik mendatangi event blogger, ikutan campaign brand ternama. Kegiatan tersebut membuat aku jadi lebih percaya diri.

Sosial media ku yang awalnya berisikan kuis sekarang berubah menjadi foto produk perusahan besar. Ada bangga ketika aku bisa membantu campaign perusahan besar.

Selain itu pula salah satunya kegiatan komunitas sahabat blogger adalah belajar. Tujuan kita belajar untuk mengupgrade diri.

Pada tanggal 1 Februari 2019 untuk pertama kalinya saya belajar blog yang berlokasi di Proxisscape, Kuningan, Jakarta Selatan. Belajar blog dengan tema membuat blog bagi pemula bersama mas ridho dan asisten mas akmal dari blogger Jakarta. Aku sangat antusias dan semangat untuk mengikuti kegiatan belajar ngeblog, meskipun kakak sudah pernah mengajari aku tapi alangkah tepatnya bila diajarin langsung sama gurunya.

Kegiatan belajar blog sangat bermanfaat dan seru karena banyak games menarik seperti lomba review blog , dresscode terbaik dan lain-lain

Dari pelatihan tersebut adalah modal awal aku dalam menulis blog. Setelah pelatihan tersebut akupun terus melatih kemampuan menulis di rumah.

Walaupun aku sudah berlatih akan tetapi masih belum percaya diri dengan tulisan sendiri oleh karena itu aku sering meminta koreksi kepada kakak ku.

Lama kelamaan sampai akhirnya kakak aku marah-marah karena kebiasaan aku tidak percaya diri terhadap tulisan sendiri.

“Percaya diri atas tulisan yang kamu buat yang penting baca berulang kali sebelum di post” Itu pesan kakak ku

Setelah aku pahami ternyata menulis itu bukan perkara yang mudah tapi butuh ide, kreatif, banyak membaca dan percaya diri. Aku berharap dengan menulis agar tulisan aku bisa bermanfaat untuk seluruh dunia.

Apalagi di dunia internet sangat berkembang sehingga menjadi bloggers dan influencer bisa jadi solusi untuk mendapatkan pundi rupiah.

Karena mudahnya internet bisa diakses banyak orang sehingga makin banyak pesaingan baik itu blogger senior dan blogger baru. Begitu pula dengan influencer yang mempunyai followers banyak tapi aku percaya rejeki sudah ada yang mengatur dan terpenting aku telah memberikan yang terbaik dalam pekerjaan.

Selama aku mengikuti campaign brand besar yang di tangani dari komunitas sahabat blogger, tidak sungkan-sungkan ibu Sumiyati mengkoreksi tulisan ku dan aku berterima kasih banyak atas koreksi.

Ibu Sumiyati dalam memberikan koreksi tidak dengan kata-kata yang kasar dan marah marah tapi dia memberikan arahan mana yang harus diperbaiki.

Bagi aku yang baru menulis di blog sangat terbantu sekali telah dikoreksi tulisan aku jadi tahu kesalahan dan membuat aku semangat menulis.

Ibu Sumiyati juga berpesan untuk mengikuti berbagai lomba blog sebagai ajang aku melatih produktif menulis, melatih mental bertanding, ajang silahturahmi para blogger seluruh Indonesia, meningkatkan rasa percaya diri dan kejujuran.

Akupun mencoba untuk mengikuti lomba blog meskipun banyak juga blogger hits yang ikutan akan tetapi aku pun tidak getar karena bagiku tulisan aku bisa bermanfaat untuk orang lain.

Benar saja setelah mengikuti lomba blog aku jadi tambah banyak teman blogger baik itu yang blogger senior ataupun blogger baru

Dari pertemanan itulah aku jadi bisa penambahan penghasilan dan alhamdulillah dari pundi-pundi tersebut aku bisa membeli domain supaya meningkatkan performa kinerja aku di blog.

Senang banget rasa mempunyai website sendiri sehingga aku harus rajin merawat website aku dengan menulis organik agar website aku lebih sehat sehingga penampilan website aku akan menarik perhatian banyak orang.

Kini tak terasa aku sudah hampir 2 tahun menjadi blogger dan gabung bersama komunitas sahabat blogger banyak manfaat yang sudah aku rasakan selama gabung komunitas sahabat blogger diantaranya banyak teman, tambah rajin memberikan informasi yang bermanfaat, promosi blog, mendapatkan ilmu, mendapatkan inspirasi dan motivasi, tempat sharing dan lain-lain.

Bagi aku komunitas sahabat blogger seperti keluarga aku sendiri karena aku lahir dan tumbuh di dunia blogger dan influencer berkat komunitas sahabat blogger sehingga akhirnya aku menemukan komunitas yang memberikan rasa nyaman dan ditaburi dengan penuh cinta di dalam keluarga komunitas sahabat blogger

Terima kasih komunitas sahabat blogger dan ibu Sumiyati yang telah memberikan aku kesempatan belajar dan mengenal dunia blogger dan influencer hingga akhirnya aku telah menemukan pekerja yang nyaman dan cocok dengan sesuai dengan minat dan bakat aku.

Saya merekomendasikan komunitas sahabat blogger untuk teman-teman yang mau belajar ngeblog untuk masuk komunitas ini karena sampai sekarang saya merasakan manfaatnya yang didapat bergabung dengan komunitas sahabat blogger.

#MemberKSB

 

 

 

 

 

30 Comments
  1. Wahid Priyono says

    Mantap dan luar biasa peran ibu sumiyati dalam mendampingi para sahabat blogger dalam memulai blogger. Memang dibutuhkan sosok semacam ini sebagai guru bagi kita semuanya. Tentunya dapat ilmu bermanfaat ya kak setelah kumpul2 belajar blog dan kepenulisan ini. Acara literasi semacam ini memang pantas diikuti untuk pengembangan potensi diri ya…thanks sharingnya sudah kubaca ya kak

    1. Shanty says

      Iya.. Benar dengan gabung ksb banyak keuntungan loh dan pasti sangat bersyukur sekali telah di bimbing langsung dengan orang hebat di dlm dunia bloggers dan influencer

  2. Nurul Sufitri says

    Wow, keren banget acara yang diadakan KSB bunda Sumiyati yach. Memang deh, dengan bergabungnya blogger di komunitas, bisa menambah pertemanan, ilmu ngeblog juga wawasan lainnya 😀

    1. Shanty says

      Betul banget.. Akupun merasakan hal yang sama.. Gak rugi deh kalo masuk wag komunitas byk keuntungan yang didapat kan

  3. Ira Hamid says

    Banyak yang bilang, menulis itu harus pede. Menulislah terus-menerus, tulisanmu pasti akan semakin baik

    1. Shanty says

      Iya.. Benar banget.. Akubgak pernah bosan untuk terus belajar nulis yg baik

  4. annisatang says

    Wah keren. Komunitas Sahabat Blogger ini pusatnya dimana Mbak? Apa ada perwakilannya di setiap daerah di Indonesia? Dan apa bisa bergabung secara online. Yang jelas keceh banget!!!

    1. Shanty says

      Jakarta.. Kalo mau gabung boleh kok tinggal hub ibu sumiyati.. Cus kk biar makin banyak teman

  5. Maria Soemitro says

    Alhamdulilah masuk komuniitas blogger ya?

    sayapun ikut beberapa komunitas seperti KEB, ISB, Blogger Crony dan Blogger Perempuan

    oiya ada juga Blogger Bandung, hihihi banyak ya?

    karena saya yakin silaturahmi gak hanya hablumminanas, juga mengantar rezeki ^^

    1. Shanty says

      Ius.. Makin byk komunitas makin silahturahmi panjang , tambah teman dan ilmu

  6. Annie Nugraha says

    Seneng ya Mbak bisa menemukan soul dan passion kita di satu komunitas yang satu frekuensi. Kita jadi banyak belajar, mendapat tambahan ilmu dan terus bersemangat untuk meneruskan apa yang kita idam-idamkan.

    Semangat menulis terus Mbak Shanty. Semoga terus menginspirasi semua penulis yang lain.

    1. Shanty says

      Amiin.. Tentunya dengan terus belajar.. InsyaAllah bisa bermanfaat untuk orang lain

  7. nurulrahma says

    KSB keren banget ya
    asik nih bisa menyemangati para bloger
    semoga makin berkah dan rezeki berlimpah yaaa

    1. Shanty says

      Amiin.. Iya.. Asyik dan menyenangkan gabung di wag komunitas

  8. Ratna Kirana says

    Awalnya juga gak menyangka kalau menjadi blogger ternyata bisa menjadi pekerjaan serius, senang sekali hobby sambil menambah pendapatan, apalagi bertemu komunitas yang sejalan ya!

    1. Shanty says

      Iya.. Benar.. Ternyata jadi blogger itu menyenangkan dan dapat pahala melalui tulisan kita yg bermanfaat

  9. Fenni Bungsu says

    SemangatCiee selalu Mpok menulisnya. Memang melalui komunitas blogger jadi banyak berkembang dan belajar

    1. Shanty says

      Tentu doang.. Tetap semangat ya.. Agar nulis aku lebih baik lagi

      1. Fenni Bungsu says

        Dengan tekad kuat pasti bisa ya mpok, menulis jadi lebih mengalir karena sudah tahu tekniknya, tinggal konsisten diterapkan

  10. Mia Yunita says

    Hihiihi, pengen juga nih jadinya ikutan masuk KSB. Tapi dari beberapa komunitas blogger yang aku ikuti, aku cuma jadi silent member kalo di w.a.

    1. Shanty says

      Boleh.. Hub ibu sumiyati.. Biar makin tambah teman dan ilmu yg bermanfaat

  11. Retno Kusuma Wardani says

    Salut dengan semangat Ibu Sumiyati, saya juga pernah bekerja sama dengan beliau…
    Semangat juga buat mbak Shanty ya…

    1. Shanty says

      Iya.. Terus semangat doang untuk memberikan yg terbaik di dunia bloggers dan influencer

  12. Andy Hardiyanti says

    Berada di lingkungan yang baik emang berpengaruh banget buat kita yaa. Salah satunya ya gini, biar makin semangat ngeblog, ya baiknya gabung sama komunitas blog. Yeayyy..semangat terus ya ngeblognya!

    1. Shanty says

      Tentu doang.. Aku tetap cemangat nih untuk terus belajar memberi yang terbaik

  13. Shanty says

    Boleh.. Hub ibu sumiyati.. Biar makin tambah teman dan ilmu yg bermanfaat

  14. Nanie says

    Bergabung dengan komunitas yang memiliki minta yang sama memang memiliki banyak manfaat. Mulai dari belajar hal baru, memperluas relasi, sampai bisa dapat cuan. tetap semangat untuk terus berbagi manfaat melalui menulis

  15. Sumiyati Sapriasih says

    wah ada foto aku di tulisan kak Shanty, foto ini diambil ketika kita perawatan wajah di beauty clinic milik artis Dian Sastro Wardoyo ya … sangat senang bisa facial wash ditempat sekeren ini. Kak Shanti ini memang member Komunitas Sahabat Blogger yang cepat perkembangannya dalam menulis

  16. Annafi says

    Alhamdulillah ya mba, dapat pengalaman, ilmu dan rezeki bareng KSB. Bu Sumiyati memang ramah, aku beberapa kali ketemu, berbagi ilmunya juga. Tapi belum sempat ikutan acara KSB, insyaallah kapan-kapan ikut, aamiin

  17. Renayku says

    Aku jadi coba utk mengingat nih awal tau KSB dari mana dan siapa. Banyak manfaat yg aku dapat juga dari KSB. Semoga KSB terus eksis ya. Aamiin

Leave A Reply

Your email address will not be published.