Komunitas Sahabat Blogger

Sistem Gratis Ongkir Dan Strategi yang Sering Digunakan Toko Online

0 213

Sistem Gratis Ongkir Dan Strategi yang Sering Digunakan Toko Online – Seiring dengan banyaknya situs toko online (E-Commerce) saat ini, kita bisa berbelanja dengan sangat mudah tanpa harus keluar rumah. Ditambah lagi, setiap toko online selalu memberikan hal-hal menarik perhatian seperti sistem gratis ongkir.

Sistem ongkir atau ongkos kirim ini merupakan istilah biaya pengiriman yang nilainya bervariasi dan juga ditentukan oleh berat, dimensi, hingga tujuan pengiriman. Untuk mengetahui seperti apa sistem gratis ongkir dan strategi yang dipakai toko online, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Sistem Ongkos Kirim sampai Pembeli

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sistem ongkos kirim ini sangat tergantung pada berbagai poin di atas. Artinya, semakin berat barang atau semakin jauh lokasi pengirimannya, maka biaya pengiriman bisa semakin besar.

Bahkan, ongkir ini harganya bisa jadi lebih mahal atau setara dengan barang kita beli. Di sinilah calon pembeli berpikir dua kali jika ingin,membeli barang dari toko online saat promo belanja seru. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada gratis ongkir.

Promo Gratis Ongkir

Dengan biaya ongkir yang cukup besar, pemberian gratis ongkir adalah salah satu daya tarik untuk menarik minat calon konsumen.  Jika Anda perhatikan, semua toko online menerapkan strategi gratis ongkir yang terbukti cukup ampuh.

Dengan melakukan gratis ongkir, maka secara otomatis calon pembeli cukup membayar harga barang yang dibeli. Inilah salah satu alasan, gratis ongkir sangat diminati dan bisa memenangkan persaingan dalam menarik perhatian calon pembeli.

Strategi yang Sering Dipakai untuk Gratis Ongkir

Perlu Anda pahami bahwa dasar dari bisnis adalah tidak ada yang saling merugikan tanpa adanya perhitungan yang matang. Hal ini juga berlaku pada promo gratis ongkir di setiap toko online.

Jika Anda jeli, setiap promo gratis ongkir tersebut selalu ada syarat-syarat tertentu yang menjadi ketentuan calon pembeli bisa mendapatkan promo tersebut. Beberapa syarat yang sering ada dalam promo gratis ongkir adalah sebagai berikut.

1.Gratis Ongkir Pada Hari Tertentu

Strategi gratis ongkir biasanya hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu yang ditentukan oleh situs toko online. Misalnya gratis ongkir pada akhir bulan, awal bulan atau pada tanggal-tanggal tertentu.

Hal itu dikarenakan situs toko online tidak bisa terus-menerus menanggung ongkos kirim setiap pembeli. Maka dari itu strategi menggunakan gratis ongkir pada hari tertentu merupakan hal tepat agar keseimbangan neraca keuangan perusahaan bisa terjaga.

2.Memenuhi Syarat  Tertentu

Selain memakai sistem pada hari tertentu, gratis ongkir juga sering dipakai jika calon pembeli berhasil memenuhi persyaratan tertentu. Biasanya sering dipakai ketika memenuhi nilai belanja atau bahkan nominal tertentu.

Contohnya saat sebuah toko online menawarkan ongkir gratis jika membeli satu produk yang harganya Rp 50.000 atau lebih. Jika Anda membeli satu produk yang harganya Rp 51.000, maka Anda berhak dapat promo gratis ongkir.

  1. Dilakukan pada momen-momen tertentu

Nah, cara berikutnya yang sering dipakai adalah berbelanja pada momen-momen tertentu saja seperti saat ulang tahun toko online tersebut, momen Bulan Ramadhan, HUT Republik Indonesia, dan momen besar lainnya. Bisa dikatakan momen tersebut paling efektif menaikan omset penjualan suatu produk.

Selain itu, pada momen-momen besar seperti Bulan Ramadhan, kebutuhan calon pembeli biasanya lebih besar dibandingkan bulan-bulan biasa. Oleh sebab itu, strategi menggunakan gratis ongkir dinilai sangat tepat.

Kesimpulan

Pengelolaan sebuah bisnis online dengan tawaran sebuah gratis ongkir tidaklah mudah sebab banyak hal yang harus diperhatikan khususnya keuangan. Jika Anda menginginkan sistem gratis ongkir, maka selalu perhatikan pengumuman yang dilakukan toko online setiap harinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.